Beranda

Tahun 2018 ini seluruh SMA kab/kota yang ada di Jawa Timur akan melaksanakan USBN berbasis komputer secara serentak mulai tanggal 16 Maret 2018 s.d 3 April 2018. Program ini memang program baru yang akan diprogramkan oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur khusus untuk SMA.

Pelaksanaa USBN ini tidak hanya untuk mapel tertentu saja, tetapi seluruh mapel akan diujikan pada USBN berbasis komputer. Yaitu total ada 14 mapel yang akan diujikan diantaranya Dua belas mapel itu di antaranya, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan jasmani, seni budaya, keterampilan bahasa asing/prakarya/kewirausaahan. Selebihnya merupakan mapel unas. Yaitu, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, IPA (kimia, fisika, biologi), IPS ( ekonomi, sosiologi, sejarah, geografi).

Berbeda dengan UNBK, Adi mengungkapkan, soal USBN terdiri dari pilihan ganda dan uraian. Jumlah soal pilihan ganda setiap mapel tidak sama. Yakni, antara 45 soal, 40 soal dan 35 soal. Sedangkan jumlah soal uraian di tiap mapel seluruhnya 5 soal. “Jumlah soal paling banyak sampai 50 soal. Adapun SMAN 6 Madiun, insya Allah akan siap melaksanakan USBN